Beranda Berita Daerah Curup Metropolis Pengadaan Lampu Jalan Gunakan ADD

Pengadaan Lampu Jalan Gunakan ADD

24
0
Suradi Rifai

CE ONLINE – Kebutuhan lampu jalan disetiap desa, bisa dipenuhi dengan menggunakan Alokasi Dana Desa (ADD) yang dimiliki masing-masing desa yang ada di Rejang Lebong. Hal ini disampaikan Kepala Dinas (Kadis) Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Rejang Lebong, Suradi Rifai kepada wartawan.
“Secara spesifik untuk mata anggaranya masuk dalam bagian mana, silahkan dikonsultasikan pada pendamping desa masing-masing. Dimana di RL sudah banyak desa yang menggunakan anggaranya untuk melengkapi lampu jalan,” sampai Suradi.

Dikatakannya, jika dilakukan pengadaan lampu jalan dengan alasan memang minim dalam penerangan, pihaknya mengakomodir pengadaan baru. Pasalnya alasan yang disampaikan pihak OPD yang bersangkutan dalam hal ini DPMPTSP Rejang Lebong, memang benar. Yang mana pihaknya mengetahui jika ketersedian anggaran pemerintah daerah Rejang Lebong belum dapat mengakomodir.
“Sehingga yang memang urgensi untuk lampu jalan, bisa mengunakan anggaran tersebut,” terangnya.

Adapun bisa dipergunakan dalam waktu dekat ini atau memang masuk dalam perencanaan APBD Des 2021 mendatang, dengan itu pada 2021 tinggal merealisasikan saja. Diluar dari itu pihaknya menyarankan jika baiknya untuk sementra warga menghidupkan lampu teras dirumahnya masing-masing terlebih dahulu, ditambah dengan penambahan lampu dipiintu pagar masuk kerumah mereka. Sehingga jalannan tetap terang, dan pihak desa tinggal melengkapi jalan yang memang belum ada penghuni dan simpang-simpang gang saja.
“Ini sehingga masyarakat juga ikut membantu tersedian penerangan, saat mesuk kedesa tersebut,” jelasnya.

Dan bahkan jika memang nantinya miliki keinginan untuk pemasangan ini yang dipadukan dengan inovasi dari pemuda desa, bisa saja masing-masing desa lampu jalan yang ada dibuat dengan kreativitas semenarik mungkin, sehingga bisa menjadi salah satu destinasi wisata atau spot foto bagi warganya.
“Jika sudah jadi lokasi foto maka, banyak yang datang, masyarakat bisa berdagang, dan ini bisa menjadi peluangan pemasukan untuk masyarakat setempat dan berdampak pula pada sektor perekonomian,” pungkasnya. (CE1)

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI: