Beranda Berita Daerah Curup Metropolis Harga Sayur Mulai Naik

Harga Sayur Mulai Naik

21
0
ADIT/CE Salah satu pedagang sayur di Pasar Atas Curup (16/10)

CE ONLINE – Harga sayur di Pasar Atas Curup, berangsur naik. Pedagang memperkirakan kenaikan harga sayur mencapai 50 persen dikarenakan stok sayur dari petani sedikit berkurang dan pasokan dari luar daerah memutus. Pantauan CE, kenaikan sayur ini seperti sawi di tingkat pedagang dari Rp 2000 ribu dan sekarang mencapai Rp 8000 dan kangkung dari Rp 3000 ribu sekarang mencapai Rp 5000 ribu perkilogram. Sedangkan kol masih menurun di angka Rp. 200 ribu di tingkat petani dan di pasaran 1000 per kg nya.

Kenaikan paling siginifikan terjadi pada cabai merah kriting untuk saat ini Cabe di tingkat pedagang Rp.38 ribu sedangkan di tingkat petani 20 ribu cabe rawit Rp. 25 ribu sebelum nya Rp. 15 perkg, cabe hijau Rp. 15 ribu sebelumnya Rp. 8000 per kg.
“Kenaikan ini karena pasokan sayur dari petani ataupun dari gudang berkurang sejak sepekan yang ini. Meski harga tinggi, masyarakat yang membeli dua jenis sayuran ini cukup banyak. Sebab, dua jenis banyak digemari masyarakat,” sampai Siti Aisyah (40) pegadang sayur Pasar Atas.

Senada disampaikan Rusdi (46) yang menurutnya hampir seluruh harga sayuran beranjak naik. Hanya saja yang jadi permasalahan mereka yaitu daya beli masyarakat yang berkurang dan juga kenaikan harga sayuran dikarenakan faktor cuaca dan juga mutusnya pasokan dari luar daerah
Kata dia, harga sayuran dari luar Kota padang, seperti kol, tomat, buncis, kentang dan wortel agak berkurang.
“Alhamdulilah harga sayuran beranjak naik ya walaupun naik demi sedikit kami berharap bisa menuju harga stabil biar masyarakat kita juga mampu membelinya tetapi dengan sayuran seperti cabai ini memang naiknya signifikan tetapi daya beli nya agak berkurang,” keluhnya.

Selain itu Petani sayur yang berada di Desa Sambe Rejo Dayat (24) menuturkan, kenaikan ini kebanyakan gagal panen Selama musim hujan ini sayur tak bisa tumbuh dengan baik termasuk kangkung.
“Air yang berlebihan itu tidak bagus buat perkembangan sayur,” jelasnya.
Tingginya harga komoditas bahan pangan memang dirasakan sejumlah warga, salah satunya Fitri (23) warga Timbul Rejo yang Menurutnya, harga kebutuhan sehari-sehari saat ini berangsur.
”Ya untuk saat ini masih terjangkau seperti, sawi, kol dan juga daun sop tetapi untuk cabai dengan harga Rp. 38 perkg terlalu tinggi buat saya pribadi, makanya saya sering beli gak sampe 1 kg,” tuturnya. (CW1)

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI: