Beranda Tips Sehat 1 Tahun Bayi Harus Tidur Sekamar

1 Tahun Bayi Harus Tidur Sekamar

18
0

bayi
BAYI harus tidur di kamar yang sama dengan orang tua mereka, setidaknya hingga enam bulan pertama.  Tujuannya untuk meminimalkan risiko kematian saat tidur, sesuai dengan pedoman baru dari dokter anak AS.  Idealnya, bayi harus tinggal di kamar orang tua mereka di malam hari selama setahun penuh, sesuai dengan rekomendasi yang dirilis American Academy of Pediatrics.

“Tidur di kamar yang sama, tapi tidak di ranjang yang sama bisa mengurangi risiko SIDS (sudden infant death syndrome) hingga 50 persen,” kata co-penulis pedoman AAP dan peneliti di Cooper Medical School of Rowan University di Camden, New Jersey.Dr. Lori Feldman-Winter, seperti dilansir laman Today, Selasa (29/11).  Pedoman baru ini juga mendorong kontak kulit sesegera mungkin setelah bayi lahir untuk membantu mencegah SIDS.

Dengan kelahiran cesar, ibu bisa melakukan ini dengan bayi mereka segera setelah mereka terjaga dan waspada setelah operasi.  Sementara itu, ayah atau pengasuh lainnya bisa memberikan kontak ke kulit kepada bayi yang baru lahir.  SIDS masih tetap menjadi penyebab utama kematian bayi, membunuh sekitar 3.500 bayi dalam setahun di AS. Kematian ini bisa disebabkan berbagai faktor, termasuk kelainan otak atau masalah pernapasan pada bayi serta tidur telungkup di permukaan berbulu atau permukaan yang menimbulkan risiko mati lemas.

“Mayoritas kematian bayi yang berhubungan dengan tidur terjadi ketika bayi tidur telungkup, tidur dengan selimut lembut atau ketika tidur bersama dengan ibu mereka, pengasuh dan anggota keluarga lainnya,” kata Dr. Fern Hauck, seorang peneliti pediatri di University of Virginia di Charlottesville.  Bahkan, satu dari lima kematian bayi yang berhubungan dengan tidur terjadi di luar rumah.

Hal ini menurut sebuah studi terpisah yang diterbitkan di Pediatrics.  “Pedoman baru menekankan pentingnya menempatkan bayi dengan posisi tidur telentang setiap hari tanpa bantal, selimut, bantalan bumper atau benda lunak lainnya. Semua langkah-langkah ini akan memungkinkan terciptanya aliran udara terbuka untuk bayi,” pungkas Hauck.(fny/chi/jpnn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here